Tips Traveling

Asuransi Perjalanan (Travel Insurance), Pentingkah?

Kamu pernah mengalami hal buruk apa saat traveling? Aku … banyak! Salah satunya kehilangan handphone. Dua kali pulak! Pertama, saat backpacking dengan anak-anak  ke Singapura tahun 2013. Dan kedua, saat honeymoon a la backpacker ke Vietnam tahun 2015.

Kejadian kehilangan handphone ketika traveling ke Singapura dan Vietnam beberapa tahun lalu itu menjadi pelajaran berharga buatku. Ternyata, menjaga barang bawaan itu ngga cukup hanya dengan berhati-hati selama traveling. Tetapi juga butuh perlindungan tambahan berupa asuransi perjalanan (travel insurance).

Perihal asuransi perjalanan ini aku baru mengetahuinya ketika masuk ke kantor polisi di Ho Chi Minh City. Ketika itu, aku baru saja kecopetan dan langsung lapor polisi. Sialnya, polisi tidak bisa berbuat apa-apa selain mencatat laporan. Ini karena aku ngga punya proteksi asuransi perjalanan. Berbeda dengan traveler dari Inggris yang waktu itu juga sedang melapor ke polisi perihal kehilangan komputer tabletnya.

Aku dan cewe bule dari Inggris duduk bersebelahan di ruang tunggu kantor polisi. Karena penasaran, aku tanya lah dia.

“Kamu kehilangan hape juga?” tanyaku. Dia lalu menceritakan kronologi kejadian menyebalkan yang dia alami. Ih, kok kita sama sih mba. Bete ya mba ya. Batinku sambil angguk-angguk dan mencoba menangkap inti ceritanya. Maklum lah, skill berbahasa asingku masih lemah. Haha.

ho chi minh city 1

Tak lama, si mba bule itu dipanggil ke ruangan oleh pak polisi. Mungkin untuk memproses laporannya. Saat si mba keluar, aku langsung tanya, “gimana? dapet ganti ngga?” tanyaku kepo. Dan ternyata jawabannya cukup membuatku terkejut.

Dia bilang, dia cuma butuh surat dari kepolisian yang menerangkan tentang perihal kecopetan di negara di mana dia traveling. Selanjutnya dia akan melakukan klaim asuransi untuk mengganti kerugian akibat kejadian kecopetan itu.

Aduh, aku ngga punya proteksi asuransi perjalanan!

Setelah selesai laporan, aku balik ke hotel dengan hati sedih-sedih sedap. Apalagi kalau liat foto di bawah ini.

Ho Chi Minh City

Kelihatan ngga? Itu ada hape di bangku yanGkuletakkan antara aku dan Ojrahar. Lalu bayangan putih yang datang dari sisi kiri, itu si copet yang terekam dalam foto. Dia lari setelah berhasil mengambil hapeku. Huh! Antara sebel sama copet, nyesel karena selama ini ngga aware soal travel insurance, juga hampa karena ngga bisa update socmed selama traveling. Haha.

Jadi begitulah cerita kehilangan yang akhirnya membuatku sadar betapa pentingnya asuransi perjalanan.

 

Apa Itu Asuransi Perjalanan?

Asuransi Perjalanan adalah proteksi atau perlindungan asuransi saat melakukan perjalanan (dinas/traveling/haji/dll) apa bila terjadi hal buruk dan merugikan selama periode perjalanan. Hal buruk dan kerugian yang diganti biasanya berupa uang pertanggungan jika terjadi pembatalan penerbangan, pesawat delay sehingga tertinggal penerbangan lanjutan atau tertinggal kereta dan tiket menjadi hangus, meninggal saat dalam oerjalanan, kecelakaan, kehilangan barang bawaan di bagasi atau dokumen perjalanan, sakit, dll.

Mengenai resiko apa saja yang dicover, sebaiknya teliti dulu sebelum membeli asuransi perjalanan. Supaya lebih mudah, coba lihat-lihat di www.futuready.com bagian asuransi perjalanan ya. Soal apa & siapa itu Futuready, nanti aku jelaskan di akhir tulisan ini.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Ada 4 manfaat utama dari asuransi perjalanan, yaitu;

  • Manfaat Perlindungan Gangguan Perjalanan
    Gangguan perjalanan misalnya terkena sakit atau musibah lain sebelum pergi traveling (gagal melakukan perjalanan), atau sudah berangkat traveling lalu tiba-tiba harus pulang sebelum jadwal trip selesai entah karena ada keluarga yang sakit atau musibah lain). Gangguan perjalanan juga bisa berupa penundaan jadwal trip oleh operator travel. Jika satu dari jenis gangguan itu terjadi, maka kita bisa mengajukan klaim ganti rugi kepada perusahaan asuransi.
  • Manfaat Medis & Kecelakaan
    Manfaat medis biasanya berupa penggantian biaya pengobatan jika terkena sakit atau mengalami kecelakaan ketika traveling.
  • Manfaat Bantuan Darurat
    Manfaat bantuan darurat ini masih ada hubungannya dengan manfaat media & kecelakaan. Jika kondisinya darurat akibat sakit & kecelakaan, sehingga harus dirawat inap, dievakuasi atau dipulangkan, maka asuransi akan memberi santunan. Termasuk untuk biaya orang yang menemani selama di rumah sakit, juga biaya pemakaiam telepon dan internet darurat.
  • Manfaat Bagasi & Barang Pribadi
    Manfaat perlindungan untuk bagasi & barang pribadi ini kukira yang paling banyak klaimnya. Soalnya yang bamanya pesawat delay, bagasi hilang, duit hilang, kecopetan, atau hilang paspor adalah hal umum yang sering terjadi.

Untuk itu, membeli asuransi perjalanan adalah hal penting sebelum pergi traveling. Ya kita sih ngga berharap dapat musibah, dan kalaupun musibah terjadi, uang pertanggungan juga ngga akan bisa 100% mengembalikan keadaan seolah semua baik-baik saja. Tetapi, dengan memiliki asuransi, setidaknya beban yang harus kita tanggung jadi lebih ringan.

Di mana Beli Asuransi Perjalanan?

Saat ini banyak perusahaan asuransi yang menyediakan produk travel insurance. Banyaknya produk sejenis yang ditawarkan kadang membuat kita bingung mau pilih yang mana. Menghubungi agen asuransi atau datang ke kantornya kadsng males. Buka web online suka ribet sendiri karena kebanyakan web asuransi yang harus dilihat. Ya mau gimana lagi, kan harus teliti sebelum membeli, membandingkan antara satu dengan lainnya, lalu memilih yang terbaik.

Futuready - Supermarket Asuransi

Untuk mengatasi keribetan itu, bisa coba buka satu saja website berkonsep supermarket asuransi. Nama websitenya www.futuready.com – web yang menyediakan berbagai produk asuransi dari banyak perusahaan asuransi. Jadi Futuready ini bukan perusahaan asuransi loh ya, dia hanya semacam broker gitu.

Di web Futuready, kita bisa dengan mudah membandingan produk-produk travel insurance yang ditawarkan oleh banyak perusahaan asuransi. Jika sudah menemukan yang cocok, tinggal proses saja pembeliannya. Gampang banget!

Jadi jangan pernah ragu lagi ya untuk membeli asuransi perjalanan saat mau traveling.

8 thoughts on “Asuransi Perjalanan (Travel Insurance), Pentingkah?

  1. Wah, baru tahu ada asuransi perjalanan kayak gini.

    Tapi, emang bener sih, biasanya para turis jadi mangsa para penjahat lokal. Jadi harus berhati-hati.

  2. Dulu aku termasuk yg males beli asuransi perjalanan,nambah2in biaya aja pikirku.
    Tapi begitu sering bepergian bareng anak,jadi beli juga. Ga begitu mahal sih kalo dilihat dari keuntungannya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.