World of NOE

Angel’s Billabong, “Kolam” Bidadari di Nusa Penida

Kemarin di twitter, aku dimention sama Astari. Gara-gara dia habis nonton film Coco, yang katanya mengingatkan dia pada kenangan ketika dia, aku dan Shintaries jalan-jalan bertiga di Bali. Waktu itu kami sama-sama ikut event yang diselenggarakan oleh ASUS di Nusa Dua. Setelah selesai event, kami memanfaatkan waktu yang sangat sempit untuk main ke Motel Mexicola, kafe kekinian di Bali. Dan karena waktunya sempit, cuma beberapa jam aja sebelum pulang ke Jakarta, jadinya ngga bisa santai deh di Motel Mexicola.

Kafenya kece. Penuh warna warni dengan disain a la Mexico. Yang jelas setiap sudut ruangannya instagramable banget deh. Tapi kalo seandainya aku ke Bali lagi, kayaknya aku ngga kepingin ke sana lagi. Soalnya aku tipe yang lebih seneng adventure kalau lagi traveling. Lebih seneng lagi berlama-lama di pantai, atau jelajah pulau.

Nah, soal Bali, ada satu pulau yang bikin aku penasaran dan pingin kesana kalau nanti bisa ke Bali lagi. Itu loh, Pulau Nusa Penida.

Siapa sih yang nggak tahu Pulau Nusa Penida. Pulau di Klungkung yang dikepung oleh tebing bebatuan ini adalah salah satu kawasan terindah di Pulau Dewata. Di kawasan Nusa Penida terdapat sebuah pantai perawan yang disebut sebagai Pantai Pasih Uug. Tetapi, kali ini aku bukan sedang ingin membicarakan Pantai Pasih Uug, karena aku lebih mengagumi sebuah obyek wisata cantik di kawasan pantai itu. Yap! Angel’s Billabong namanya.

Sumber: travelerien.com

Aku tau soal Angel Billabong gara-gara baca cerita perjalanan mba Keterina di blognya travelerien.com. Bulan November lalu dia baru dari sana. Seru sekali ceritanya. Foto-fotonya selama menjelajahi Pulau Nusa Penida juga mengesankan. Tapi tentu saja yang paling mencuri perhatianku adalah Angel’s Billabong.

Dalam postingannya, mba Katerina menyebut bahwa Angel’s Billabong adalah salah satu obyek wisata tersembunyi yang mengagumkan di Nusa Penida. Bentuknya menyerupai sebuah kolam alami yang dikelilingi tebing karang. Panoramanya terlihat cantik jika dilihat dari atas. Saking cantiknya, sampai-sampai dijuluki sebagai kolam bidadari.

Katanya, siapapun yang datang ke sana pasti tergoda untuk nyebur. Bukan cuma karena airnya yang tenang. Tetapi juga karena warna air di Angel’s Billabong yang ini terlihat sangat jernih. Saking jernihnya, permukaan air tampak berkilauan jika ditimpa sinar matahari

Sumber: travelerien.com

Menariknya lagi, Angel’s Billabong terhubung langsung dengan lautan lepas. Padahal kalau melihat dari arti kata-katanya, Angel berarti bidadari, dan billabong berarti ujung sebuah sungai. Ya, mungkin karena bentuknya memang seperti ujung sungai buntu ya. Tetapi makna dari penamaan Angel’s Billabong adalah kolam alami yang menjadi bidadarinya Nusa Penida.

Namun, seperti halnya tempat wisata indah lainnya yang masih jarang terjamah manusia, akses untuk menuju Angel’s Billabong di Nusa Penida masih cukup sulit. Setelah mendarat di Bali dan menyeberang menuju Pulau Nusa Penida, perjalanan untuk mencapai tempat wisata Angel’s Billabong belum berakhir. Kita harus berkendara lagi menuju Banjar Sampang, sambil tanya-tanya penduduk setempat bagaimana arah menuju Angel’s Billabong.

Tapi daripada pusing dan takut nyasar, sepertinya lebih baik kalau memilih sewa mobil di Bali untuk mengeksplorasi keindahan Nusa Penida. Biasanya kan sopirnya juga orang lokal, jadi sudah menguasai medan dan berpengalaman tentang jalan-jalan yang tersembunyi di Nusa Penida.

Apalagi ya, sekarang urusan sewa mobil di Bali itu mudah banget. Bisa pesan online untuk mencari kendaraan terbaik untuk mencapai Angel’s Billabong sesuai dengan preferensi moda transportasi yang kita inginkan.

Oya, ada satu tips penting lain yang bisa kita terapkan saat berlibur ke Pulau Nusa Penida, khususnya saat mengunjungi tempat wisata Angel’s Billabong. Kalau memiliki waktu beberapa hari untuk menjelajahi Nusa Penida dari ujung ke ujung, lebih baik mempertimbangkan untuk memesan hotel di Bali tepat di Pulau Nusa Penida-nya. Sebaiknya jangan memesan hotel di Bali yang berlokasi jauh dari Nusa Penida. Akan lebih tepat kalau memesan hotel di Bali di kawasan Nusa Penida, supaya lebih leluasa mengeksplorasi keindahan Angel’s Billabong.

Last but not least, pastikan juga kondisi tubuh kita dalan keadaan fit kalau mau berkunjung ke Angel’s Billabon. Tubuh yang fit adalah syarat utama, mengingat Angel’s Billabong dikepung oleh tebing berbatu yang curam dan jalan menuju ke sana pun cukup menantang.

Uhuy, tulisan gue ini knapa berasa yang udah tau banget soal Angel’s Billabong coba! Ya, saking pinginnya ke sana, jadi banyak baca travel story temen-temen yang udah ke sana deh.

Kalau kamu, pingin ke Angel’s Billabong kuga ngga?

22 thoughts on “Angel’s Billabong, “Kolam” Bidadari di Nusa Penida

  1. Kalo kamu tipe petualang, aku tipe anak urban hehe. Tapi tertarik juga ke Angel’s Billabong karena lanskapnya unik. Maksudku, nggak cuma pantai pasir putih laut biru ngono thok.

    Iya, kalo ke Bali kudu sewa mobil 🙁

  2. Tak pikir angels billabong itu yang ombaknya sampe naik ke atas itu.. itu apa ya namanya? Hehe.

    Suamiku dulu waktu dinas ke Bali dapet sewa mobil di bandara, cuma 250rb. Enak banget, dari bandara langsung ambil mobil, ntar ngembaliinnya juga di bandara.

  3. Waktu ke Nusa Penida aku malah belom sempet kesini, tapi ke Air Terjun Peguyangan yang ekstrim banget karena mesti jalan di atas tebing… 😀

    Nusa Penida emang lebih cocok buat traveller yang suka wisata alam adventure ya, kak ;D

  4. Wuaaahhh asyikk bisa “kecek-kecek” kalau kata orang Jawa (opo bahasa Indonesiane kecek2 wkwkwkwk).
    Aku jg baca tulisan Mbak Rien yg itu mbak, jd pengen ke sana suatu sat nanti 😀

  5. Ah, berkali-kali ke Bali belum pernah ke Nusa Penida!! Next time wajib ke sana nih. Kadang tempat-tempat itu memang bagus, tapi kok kita motret nggak sebagus ekspektasi ya? Atau akunya yang nggak jago banget fotografi nih

  6. Insya Allah sudah ada jadwal ke Bali bareng temen2 blogger tapi bukan ke Nusa Penida. Sayang banget ya…
    Moga lain kali bisa destinasinya ke sini…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.