Tips Traveling

Air Asia ASEAN Pass, Cara Hemat Keliling Asia Tenggara

Yeay! Akhirnya Air Asia ASEAN Pass yang ditunggu-tunggu sudah diluncurkan di pertengahan bulan Mei 2015. Tentu ini menjadi kabar gembira juga bagi traveler, terutama pelanggan setia Air Asia yang doyan terbang dengan harga tiket murah. Karena apa? Ya, karena dengan AirAsia ASEAN Pass, kita bisa keliling ke negara-negara ASEAN dengan hemat! Kok bisa? Yuk, lanjut baca! 🙂

Apa itu Air Asia ASEAN Pass?

Air Asia ASEAN Pass adalah tiket perjalanan berupa kartu dengan sistem credit point (poin kredit), yang dapat ditukarkan dengan tiket penerbangan antar negara ASEAN.

Terkait dengan kredit poin tadi, kartu Air Asia ASEAN Pass ini ada dua jenis, yaitu AirAsia ASEAN Pass, dan AirAsia ASEAN Pass +. Letak perbedaannya dimana? Yuk, cek tabel dibawah ini;

Air Asia Asean Pass

Kalau di rupiahkan, AirAsia ASEAN Pass (10 kredit) itu harganya sekitar Rp1.950.000. Sedangkan untuk AirAsia ASEAN Pass + (20 kredit), harganya sekitar Rp3.550.000.

Untuk menggunakan Air Asia ASEAN Pass, kita perlu menukarkan poin-nya dengan rute penerbangan yang kita inginkan. Yang perlu diingat adalah, dibutuhkan waktu 14 hari sebelum tanggal penerbangan yang kita inginkan. Jadi, nggak bisa, ya, mau tuker sekarang buat terbang besoknya.

Setelah penukaran pertama, poin kredit yang tersisa harus dihabiskan selama 30 hari untuk AirAsia ASEAN Pass, dan 60 hari untuk AirAsia ASEAN Pass +. Nah, kalo nggak segera dipakai selama masa berlakunya, yah angus deh poin yang tersisa. Sedangkan jika belum digunakan, kartu Air Asia ASEAN Pass masa berlakunya selama satu tahun. Nah, masa kadaluarsa yang 30 atau 60 hari itu akan dihitung sejak penukaran poin pertama kali.

Misal, kita beli kartu AirAsia ASEAN Pass yang 10 kredit pada tanggal 1 Juni 2015. Kita bisa gunakan kartu itu untuk perjalanan keliling ASEAN untuk periode terbang maksimal tanggal 31 Mei 2016. Kalau kita memutuskan untuk menggunakan poin itu pada 1 Desember 2015, maka kita harus menukarkan poinnya maksimal tanggal 15 November 2015. Dan masa kadaluarsa poin yang 30 hari itu akan dihitung mulai tanggal 1 Desember 2015. Jadi, kita bisa menggunakan seluruh poin yang kita punya samai dengan maksimal tanggal 30 Desember 2015.

Kelebihan & Kekurangan Air Asia ASEAN Pass

Dengan membeli Air Asia ASEAN Pass, keuntungan yang paling bisa dirasakan adalah sisi hematnya. Karena dengan membeli Air Asia ASEAN Pass, kita tidak perlu lagi memusingkan harga tiket yang fluktiatif yang kadang mahal, atau bisa juga murah sekali kalau pas periode promosi. Kita tinggal pintar-pintar mengatur rute perjalanan dari satu negara ke negara lain, sefektif mungkin, sampai kita bisa kembali lagi ke tanah air.

Berikut adalah contoh rute perjalanan dengan 10 poin kredit;

Keuntungan lainnya adalah, kita tidak dikenakan biaya proses saat hendak menukarkan poin dengan rute penerbangan yang kita inginkan. Selain itu, untuk setiap penukaran poin, kita akan mendapat BIG point sejumlah 250 poin. Nah, dobel untungnya, tuh! BIG point-nya nanti bisa dituker lagi dengan tiket pesawat. 😀

Sedangkan kekurangannya, dari sisi aku yang sukanya kalo jalan ngajak anak-anak, Air Asia ASEAN Pass ini ngga bisa digunakan untuk anak dibawah umur 12 tahun. Ehehe… Selebihnya sih, apa yang kubaca dari Syarat & Ketentuannya, oke oke aja.

Ini dia syarat dan ketentuannya;

  • Kredit hanya dapat ditukarkan untuk tarif dasar dan biaya tambahan bahan bakar.
  • Semua pajak bandara dan biaya lain seperti bagasi check-in, makanan dalam penerbangan, kursi dan asuransi perjalanan dibayar secara terpisah.
  • Setiap penerbangan harus ditukarkan minimal 14 hari sebelum tanggal keberangkatan.
  • Setiap rute hanya dapat ditukarkan satu kali menggunakan Asean Pass.
  • Wisatawan harus berusia 12 tahun ke atas.
  • Klaim penerbangan disediakan terbatas dan tunduk pada ketersediaan,kursi itu mungkin tidak akan tersedia pada setiap penerbangan atau hari,akhir pekan, libur umum dan sekolah libur.
  • Penukaran penerbangan terbatas dan tergantung pada ketersediaan kursi. Penukaran ini mungkin tidak tersedia untuk setiap penerbangan atau hari-hari tertentu, seperti akhir pekan, libur umum dan libur sekolah.

Nah, jadi udah pada siap beli Air Asia ASEAN Pass, kan? Langsung aja meluncur ke https://aseanpass.airasia.com ya!

Untuk informasi jumlah kredit untuk tiap-tiap rute penerbangan, bisa di-cek di link ini; http://www.airasia.com/id/id/book-with-us/asean-pass.page

22 thoughts on “Air Asia ASEAN Pass, Cara Hemat Keliling Asia Tenggara

  1. Malam, mau tanya kalau begitu berarti kita bebas menentukan kapan terbang (tidak dibatasi jarak berapa hari antar jadwal terbang satu dengan yang lain) jika kita ingin membuat jadwal yang beruntun? Trims.

    1. Bebas pilih rute, asal credit point cukup, sesuai rute2 yg tersedia utk penukaran dg tiket terbang antar negara asean mas. Yuk lah!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.