Tips and Tutorial

Agar Rambut Tumbuh Lebat

Aku selalu senang kalau melihat bayi punya rambut lebat. Soalnya kata emak, aku nyaris nggak punya rambut waktu lahir. Dan karena cerita itu sering diulang-ulang, aku rasa aku jadi trauma. Akhirnya terobsesi untuk melahirkan bayi dengan rambut lebat. Hahah.

Dari keempat anakku, yang rambutnya paling lebat ketika lahir adalah si Kakak (anak ke-dua). Seingatku, waktu hamil dia dulu, aku rajin minum air rebusan kacang hijau. Bubur kacang hijaunya juga aku suka dan hampir setiap hari aku makan.

Di kehamilan abang Ranu dan baby Karla, aku lebih sering minum minuman sari kacang hijau instant. Hasilnya tidak selebat pada si Kakak sih, tapi tetap ada rambutnya.

Dari berbagai sumber yang aku baca, kacang hijau mengandung banyak sekali zat dan nutrisi yang dibutuhkan, untuk merangsang pertumbuhan serta perkembangan folikel-folikel rambut. Seperti, protein, vitamin B, serta beberapa zat mineral seperti kalsium (Ca), fosfor (P), kalium (K), dan seng (Zn).

Dalam 100 gram kacang hijau kering terkandung energi (327 kkal), protein (16,1 gram), lemak (0,8 gram), karbohidrat (64,2 gram), serat (3,7 gram), vitamin B1 (0,72 mg), vitamin B2 (0,45 mg), vitamin C (3,0 mg), kalsium (108 mg), fosfor (327 mg), zat besi (5,5 mg), magnesium (161 mg), tembaga (0,82 mg), dan seng (3,3 mg).

Dan sebaiknya, kacang hijau dikonsumsi dalam bentuk bubur supaya kandungan nutrisinya tidak banyak hilang atau rusak.

Jadi buibu yang lagi hamil, sering-sering lah konsumsi bubur kacang hijau sebagai ikhtiar supaya rambut bayi lebat saat lahir.

Tapi kalau bayinya udah terlanjur lahir dan rambutnya tipis atau nyaris keliatan ngga punya rambut saking halusnya, ngga usah khawatir. Rambut masih bisa diusahakan tumbuh kok. Buktinya ya sekarang aku punya rambut. 😆

Sebelum menulis ini, aku sempat tanya-tanya sama emak. Bagaimana cara emak untuk menumbuhkan rambut waktu aku bayi secara alami? Nggak terlalu mengejutkan sih jawabannya.

Emak mengikuti anjuran nenek dengan bahan-bahan tradisional seperti minyak kemiri, lidah buaya, air remasan seledri, sampai dengan air dari pangkal batang pisang setelah ditebang. Cara pakainya ya cuma dioleskan gitu aja ke kulit kepala.

Ya, kalau jaman sekarang sih bisa lebih simpel. Ada banyak brand bayi yang mengeluarkan produk hair lotion dan mengandung ekstrak bahan-bahan alami untuk membantu pertumbuhan rambut agar semakin lebat.

Nggak cuma bayi malah, bahkan orang dewasa yang merasa perlu memperlebat atau menumbuhkan rambutnya pun dimudahkan. Aku lihat, di toko-toko online dan juga e-commerce, ada banyak pilihan obat penumbuh rambut yang ditawarkan. Atau bisa juga menggunakan cara instan, yaitu menyambung rambut yang bisa dilakukan di salon-salon kecantikan. Tapi kabarnya, menyanbung rambut masih jadi perdebatan tentang boleh atau tidaknya bagi muslim. Hehe.

Ya …cara tradisional dan menggunakan obat memang pilihan yang terbaik lah. 😀

Selain itu, asupan nutrisi juga perlu dicukupi, seperti;

  • Zat besi. Zat besi dapat mencegah kerontokan rambut. Beberapa pilihan makanan yang mengandung zat besi seperti jeroan, sereal, kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau.
  • Protein. Protein dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan folikel rambut dan membuat rambut menjadi sehat. Protein alami bisa di dapatkan dari daging sapi tanpa lemak, kacang kedelai dan seafood.
  • Biotin. Biotin juga berperan untuk kesehatan rambut. Makanan dan minuman yang mengandung biotin antara lain seperti ayam, yoghurt, gandum dan kacang-kacangan.

Last but not least, konsumsi air putih yang cukup juga penting untuk menjaga kesehatan rambut. Karena air dapat berfungsi sebagai pendukung penyerapan vitamin yang nantinya akan mambantu pertumbuhan rambut lebih sehat.

16 thoughts on “Agar Rambut Tumbuh Lebat

  1. Dulu anak pertamaku rambutnya tipis, pas agak gedean krn makannya lahap dan makan apa aja jd lebat rambutnya.
    Adiknya noih PR-ku rambutnya tipis, dulu sempet merah kyk noni belanda, emaknya mumet hiks, soale gk mau makan 🙁
    Untung sekarang mendingan krn udah mau makan #malahcurcol
    TFS tipsnya

  2. Anak2ku ga ada yg lebat rambutnya mba, padahal pas hamil demen bgt makan bubur kacang hijau emaknya. Mungkin keturunan dr bapaknya rambutnya tipis. Sekarang anak2 udah lumayan ada rambutnya krn rajin dicukur aja. Pas bayi pernah dikasi minyak kemiri ga ngefek sih hehe

  3. Aku waktu kecil bersahabat banget sama lidah buaya, Mbak. Mamaku sengaja nanem banyak. Hampir tiap hari rambut diolesin lidah buaya. Iya sih rasanya sekarang rambutku ga setipis waktu kecil. Mungkin karena itu juga.

  4. aku juga pas hamil anak-anak makan kacang hijau mbak, baik yg di olah jadi bubur atau cemilan hehheh . Emang banyak sih walaupun ga lebat-lebat banget. cuma s etelah di cukur rambutnya jd tambah lebat

  5. Rambut Olive dan aku waktu bayi tipis, bahkan mau playground aja masih botak. Dulu semasa hamil sering makan kacang ijo juga Noe, hiks.

    Tapi aku rajin pake lidah buaya bikin sendiri, rambut si kk jd tebel n banyak banget. Alhamdulillah ada rambutnya hahah

  6. Anakku juga rambutnya tipis pas lahir, tapi sekarang sudah lumayan sih udah keliatan klo ada rambutnya 😀

    Karena dia cowok, waktu batita duli, sering dibotak hehehhee

  7. Intan dulu lahirnya juga dengan rambut yang sedikit. Mungkin karena memang aku ga suka minum sari kacang hijau kali ya? Dan saking sedikit rambutnya, waktu masih TK, aku suka tambahin rambut buatan yang memang dikhususkan untuk balita. Rambut buatan itu sudah dalam bentuk ikat dua gitu deh, jadi tinggal pasang aja di ikatan rambut Intan yang memang sudah diikat dua, jadinya terlihat banyak rambutnya dan cantik! Haha, trik emak-emak!

  8. Dua adikku punya rambut yang tebal dan lebat. Kalau aku rambutnya tipis kayak bayi. Jadi gampang lepek. Kalau soal banyaknya sih kata orang salon banyak. Cuma ya itu, tipis.

    Suamiku rambutnya tebal dan lurus. Bagus deh. Mudah-mudahan kalau punya anak ikutin rambutnya suami. Hehehehehe.

    Btw, kata Mirna makan bubur kacang hijau juga salah satu program hamilnya dia. Mungkin aku akan coba ikutin, walaupun sebelumnya gak suka makan bubur kacang hijau :'(

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.