Tips Traveling

5 Hal Yang Nggak Boleh Dilakukan di Korea Selatan

Belakangan kulihat ada beberapa lomba foto di instagram berhadiah liburan ke Korea Selatan. Aku jadi kepingin ikutan. Berharap bisa menang. Apalagi ada yang hadiahnya untuk sekeluarga. Kan asik tuh ya.

Nah, berhubung aku mah orangnya suka ambisius, yang kalau kepingin sesuatu tuh bisa dipikirin terus, jadi topik pembicaraan terus, dan jari juga tergerak terua untuk browsing segala hal yang lagi dipinginin, jadi lah akhir-akhir ini aku sibuk cari inspirasi tempat yang nuansanya bisa a la Korea Selatan. Selain itu, browsing juga serba-serbi info tentang Korea Selatan, termasullk apa aja yang nggak boleh dilakukan di sana. Yakali aja kan menang, jadi udah tau bagaimana bersikap selama liburan nantinya. Haha.

Sebenarnya, selama ini suka tergoda sama maskapai yang sering mengadakan promo tiket murah. Kadang aku suka intip juga tiket AirAsia di tiket.com, walau sebatas ngintip doang, belinya kagak. Heuheu.

Btw, kalau traveling ke luar negri, pastinya ada banyak hal yang perlu kita cari tahu sebelum mengunjungi negara tersebut. Karena, setiap negara kan memiliki aturan dan budaya yang berbeda dengan negara kita. Jadi memang sebaiknya cari tahu terlebih dulu lah, supaya jangan sampe mendapat teguran, atau dikenakan sanksi saat berada di negara tersebut.

Nah ternyata, Korea Selatan adalah satu negara yang menerapkan banyak larangan. Nggan kalah ketat deh sama Singapura. Jadi kalau kamu punha rencana traveling ke Korea Selatan, baik untuk urusan bisnis ataupun sekedar liburan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu hal-hal yang tidak boleh dilakukan di Korea Selatan.

Jadi, kalau nanti sudah sampai Korea Selatan, ngga peduli deh kalian pakai tiket pesawat murahย atau mahal, kalian bisa menikmati Korea Selatan dengan aman dan nyaman, karena kalian udah paham betul hal-hal yang tidak boleh dilakukn di Korea Selatan berikut ini;

1. Menancapkan Sumpit di Nasi

Untuk urusan makan, Korea Selatan menjadi salah satu negara yang memiliki aturan cukup ketat. Saat makan di Korea, seperti di restoran ataupun cafรฉ, jangan pernah coba-coba memainkan sumpit, apalagi menancapkan sumpit ke nasi. Sama seperti di Jepang sih alasannya. Tau kan? Bentuk sumpit yang tertancap di nasi itu tuh jadi mirip dupa yang dibakar pada saat upacara kematian. Hal ini tentunya merujuk pada hal yang kurang baik dan nggak sopan, jadi sebaiknya hindari melakukan hal ini saat kamu makan di Korea Selatan.

2. Jangan Menyisakan Makanan

Menyisakan makanan saat makan di Korea Selatan dianggap tidak sopan loh. Karena, hal ini akan dianggap bahwa makanan yang disajikan memiliki rasa yang tidak enak. Jadi, sebaiknya habiskan makananmu dan pesan dengan porsi yang sesuai. Itu juga berlaku saat kamu makan di rumah orang Korea Selatan ya, bukan di resto atau cafe saja.

3. Berisik di Transportasi Umum

Faham juga kan, berisik di transportasi umum itu sangat mengganggu. Kalau di Indonesia mungkim hal ini dianggap biasa, tetapi berbeda saat berada di Korea Selatan. Berisik atau membuat keributan di dalam transportasi umum bisa membuat kamu diusir atau disuruh keluar dari kendaraan umum tersebut. Karena hal tersebut dianggap sangat mengganggu penumpang lainnya.

4. Tidak Boleh Merokok di Sembarang Jalan

Kalau kamu perokok, hal ini sangat penting untuk diperhatikan apabila sedang berada di Korea Selatan. Negara ini memang mengizinkan untuk merokok, namun sayangnya kamu tidak bisa merokok di sembarang tempat. Untuk kamu yang ingin merokok di tempat umum, kamu hanya bisa melakukannya di tempat-tempat yang sudah disediakan. Biasanya, tempat untuk merokok dibuat berupa ruangan khusus dengan tulisan boleh merokok.

5. Dilarang Memberi Uang ke Pengemis

Kalau melihat pengemis di jalan, biasanya kita merasa iba dan ingin memberikan sedikit uang kita kepada mereka. Ya nggak sih? Sayangnya, hal ini termasuk dalam hal-hal yang tidak boleh dilakukan di Korea Selatan. Jadi, kalau kamu melihat ada pengemis di sekitar subway atau dimanapun saat di Korea Selatan, sebaiknya jangan memberikan uang kepada mereka. Katanya memang ada larangan resminya loh.

Jadi itu dia hal-hal yang tidak boleh dilakukan di Korea Selatan, yang wajib kamu ketahui saat berada di negerinya para oppa ganteng itu. Patuhi setiap peraturan yang sudah dibuat di negara tersebut, agar kamu tidak mendapatkan sanksi berupa teguran hingga denda yang bakal bikin nyeseek. Huehehe.

30 thoughts on “5 Hal Yang Nggak Boleh Dilakukan di Korea Selatan

  1. Ternyata ada aturan-aturannya ya di korea, noted ah siapa tau bisa ke korea Aamiin. Eh iya untuk orang-orang yang dikondangan suka menyisakan banyak makanan, mungkin korea dicoret nih dari list perjalanan hehehe

  2. Harusnya di Jakarta juga diterapkan tuh aturan dilarang memberi uang pada pengemis. Sebel aku pengemis makin banyak di jakarta. Tumbuh subur karena suka banyak orang yg salah menyalurkan sedekah

  3. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Mungkin begitu peribahasanya ya.. kita harus tahu dan menghargai aturan2 yg berlaku di semua tempat agar tidak salah melangkah.. TFS ya…

  4. Heyhooo, baru main lagi ke blog iniiihhh \m/

    Btw aku pernah baca di manaa gitu Mba Noe, asal mula orang Jepang dan Korea makan pake sumpit. Jadi menurut mereka kalau makan pakai garpu atau pisau (macam steak) itu menyakiti makanan. Masya Allah ya, makanan aja disayang banget sama mereka. Hahaha.

  5. Jadi pengetahuan baru untuk saya tentang hal-hal yang perlu diperhatikan kalau mau ke Korea Selatan.
    Karena budaya dan adat yang berbeda, kita memang harus tahu aturan yang berlaku di tempat tujuan kita ya…

  6. Anak muda di sini banyak yang kerja di Korsel, Mbak. Dan tiap kali melihat update cerita dan foto-foto mereka di transportasi umum, kebanyakan mereka memang diem, tidur, kalau nggak ya baca buku.

  7. waah jadi tahu poin-poin yang nggak boleh dilakukan pas ke korsel, kali aja bisa berkesempatan ke negeri para oppa, hahaha… poin 2 santei karena memang nggak pernah menyisakan makanan

  8. Makasih kak Infonya siapa tau aja bentar lagi ke Korea jenguk Oppa ye kan,,haha.Bagus juga tuh di terapin di Indonesia yang ga berisik di transportasi umum jadi para penumpang nyaman ya .

  9. Aku baru tahu kalau di Korea nggak boleh kasih uang ke pengemis. Dan hal terlihat sepele seperti tancepin sumpit ke nasi pun sebaiknya dihindari ya. asik jadi tips yang menarik nih mba kalau ke Korea. Entah kapan ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.