Technology, Tips Blogging

5 Aplikasi Penting Untuk Blogging di Smartphone

Ada yang ngeblognya cuma pakai handphone sepertiku? Ayok kita toss! Setelah membahas spesifikasi smartphone untuk mendukung blogging beberapa waktu lalu, kali ini aku ingin sharing soal aplikasi apa saja yang aku pakai untuk mendukung kegiatan blogging di handphone supaya lancar. Maklum ya, belum punya laptop. Haha.. *curhat lagi*

Aplikasi Blogging

1. Google Chrome

Meskipun setiap smartphone biasanya sudah dibekali dengan browser bawaan, tetapi menurutku kurang enak dipakai. Aku lebih suka pakai Google Chrome yang loadingnya lebih cepat dan tampilannya lebih oke dibanding browser bawaan handphone.

Selain google chrome, di handphone sebenarnya bisa diinstal banyam browser lain seperti mozila firefox, operamini, uc browser, dll. Tetapi aku belum coba. Masih merasa cukup dengan satu browser saja, yaitu google chrome.

2. Note Everything

Note Everything ini aplikasi yang kupakai untuk menulis draft sebelum akhirnya kupindahkan ke blog. Banyak sih aplikasi notes yang lain, tapi belum pernah coba. So far, masih cukup nyaman dengan aplikasi Note Everything ini.

Kalau sudah selesai menulis draft, tinggal touch dan tahan beberapa saat sampai muncul pilihan untuk langkah selanjutnya. Pilih select all, lalu pilih copy, dan paste ke blog.

Note Everything

3. Snapseed

Snapseed adalah aplikasi keluaran google untuk edit foto. Biasanya, aku pakai snapseed kalau foto yang ingin kupakai di blog, harus di-rotate dan di-crop, karena foto aslinya terlihat miring-miring. Atau kalau sedanv ingin membuat foto dengan efek HDR, foto Black & White, atau sekedar mengedit warna, kecerahan dan contrast foto.

Asiknya pakai snapseed itu karena resolusi foto hasil editannya masih tetap besar. Misal, jika foto asli resolusinya diatas 5MB, setelah diedit di snapseed paling akam dikompress sampai ke resolusi 3MB. Tapi, kalau untuk di blog, sebaiknya dikompress lagi sampai resolusi dibawah 1MB, supaya blog ngga lambat saat di-loading oleh pengunjung.

4. Picsart

Picsart juga aplikasi edit foto yang biasa kupakai kalau harus menbuat foto kreatif, misal menggabungkan beberapa foto, menambah tulisan seperti meme atau bubble dialog seperti dalam komik, dan atau jika ingin menambahkan watermark. Pokoknya bisa banyak berkreasi dengan picsart, deh!

Setelah diedit dengan picsart, resolusinya foto tetap baik meskipun ukuran file-nya terkompres sampai dibawah 1MB, alias hanya beberapa kilobyte saja. Ukuran yang pas untum kebutuhan blog. Asiknya lagi, saat selesai editing, kita bisa menyimpan foto dengan nama file yang kita kehendaki. Jadi bisa sekalian pakai keyword yang unik saat hendak menyimpan file foto hasil edit di picsart.

5. Google Photos

Google Photos adalah salah satu produk keluaran google untuk back-up foto yang tersimpan di memory handphone. Jika kita mengaktifkan auto backup foto di akun google plus, maka setiap foto yang ada di memory handphone maupun di Micro SD card yang terpasang di handphone, akan otomatis terupload dan tersimpan di akun google yang kita gunakan di smartphone kita. Dan untuk melihat koleksi foto yang sudah terback-up bisa dilihat di aplikasi google photos ini.

Google Photos

Nah, kalau lagi malas edit dan kompres foto secara manual dengan aplikasi snapseed & picsart, biasanya aku akan copy dan paste saja foto dari google photos ke blog. Dengan catatan, buka file fotonya dari browser, ya, jangan dari aplikasi. Karena kalau dari aplikasi google photos tidak ada pilihan copy foto. Aplikasinya tetap perlu diinstall untuk mengaktifkan auto back-up foto.

Jika ingin copy dan paste fotonya ke blog, buka akun google plus kita dari browser, lalu buka file foto. Setelah menemukan foto yang ingin dipakai, tinggal touch fotonya, tahan beberapa saat sampai muncul pilihan “copy photo”, klik “copy photo” lalu paste ke draft blog post. Cara ini bisa jadi alternatif supaya loading blog tidak lambat & space hosting blog tidak cepat penuh, karena source file fotonya ada di google.

39 thoughts on “5 Aplikasi Penting Untuk Blogging di Smartphone

  1. Mba noe… Aku baru baru ini juga ngeblog pake have Kebetulan di kasih hadiah sama yayang.. Kendalanya kalau mau share ke medsos suka ga ngeh, al hasil sering ga jelas.. gagal atau malah dua kali. Terus ak ngetiknya di pos terus disimpan baru Kalo udah siap dipublikasikan. Trus kalo mengkopy url tersimpannya dimana ya mba, aku cari cari ga pernah nemu..

  2. Laptopku sekarang mulai sakit-sakitan. Mau nyervis tapi bingung ngeblognya trus gimana. Yaudalah relain dulu kali ya ngeblog lewat hape *meski rasanya nggak bisa puas*

  3. wah, kudu dicatet nih, aku juga sering ngeblog via hape, Mak Noe, tapi via email. Dengan artikel ini, jadi lebih sip deh. Thanks for share yaaa!

  4. Trims infonya..aq lg nyoba2 ngeblog pakai HP tp ngedraftnya lgsg di dasbornya…sering amburadul..blm lg typonya hihi… Tp mkn penasaran ih…

    1. Lbh enak dr notes dlu mba, bs matiin paket data dlu jg biar irit. Haha… Soale klo lg nulia suka keganggu jg sih klo ada notif socmed atau chat 😀

  5. sama ngeblog pake hp,
    notes udah ada bawaan di sini jadi nggak install lagi, aplikasi foto yg banyak krn anakku seneng utak atik foto, ada 9, banyak ya..
    tapi yg kupake paling pics art, simple resize, sama touch blur

  6. Mbak Noe ngeblognya dari hp tapi tulisannya tetap rapi dan tak ada yang typo. Kalau aku banyakan typonya dan baru kelihatan atau ngeh setelah di publish…:)

  7. Aku baru pakai chrome dan picsart.. foto foto di blog dan instagram saya juga pakai picsart. Phonto aku juga suka mak, andalan lain disamping picsart

    1. Cobain gih, aku bbrp kali keilangan hp, klo foto ngga pake google photos bs tambah nangis bombay krn foto ilang 😀

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.