Tips Traveling

4 Tahap Pembelian Tiket Online

Kepraktisan seolah menjadi suatu hal yang wajib di jaman yang serba dinamis dan kompleks seperti sekarang ini. Beruntung saat ini, teknologi sudah mengalami perkembangan yang amat pesat, salah satunya adalah internet.

Ada beragam informasi dan beragam hal yang bisa kita akses melalui internet dengan menggunakan gadget yang kita miliki. Begitu juga dengan pemesanan tiket moda transportasi seperti pesawat terbang. Hampir semua maskapai sekarsng menyediakan layanan pembelian tiket secara online. Salah satunya Citilink. Aku bekum pernah naik Citilink sih, tapi kemarin habis bantuin orang beli tikrt Citilink untuk terbang ke Lombok.

Dengan layanan online, membeli tiket pesawat Citilink pun semakin mudah dan menguntungkan.

Dan kabarnya, beberapa waktu lalu, Kementrian Perhubungan mengeluarkan kebijakan untuk menutup counter atau loket penjualan tiket penerbangan di seluruh bandara yang ada di Indonesia. Penutupan loket penjualan tiket ini dilakukan dengan alasan untuk meminimalisir jumlah calo tiket yang lebih sering merugikan sekaligus untuk memastikan keamanan juga kenyamanan calon penumpang.

Oleh karena itu dengan adanya kemajuan teknologi dan perkembangan gadget, serta akses internet seharusnya menjadi solusi yang tepat bagi para traveler. Sebab kita bisa memesan atau membooking tiket pesawat secara online dimana saja dan kapanpun dengan sistem pembayaran yang mudah.

Nah, berikut ini adalah beberapa langkah untuk membeli tiket Citilink secara online:

1. Tahap pertama

Buka situs resmi Citilink di http://www.citilink.co.id/, kemudian pilihlah jenis penerbangan yang kita inginkan. Tiket penerbangan yang ingin dibeli bisa untuk sekali jalan atau pulang pergi. Kemudian pilih rute penerbangan serta tanggal berangkat-pulang (misalkan dari Jakarta menuju Lombok).

Masukkan jumlah penumpang sesuai pada kategori yang telah disediakan (dewasa, anak-anak maupun balita) kemudian klik “Booking Sekarang”. Setelah itu pilihlah jadwal keberangkatan sekaligus harga yang sesuai dengan keinginan, baik untuk keberangkatan maupun kepulangan. Kemudian klik “lanjut”. Nanti akan tertera total harga sekaligus pajak dan asuransi, jika setuju dan cocok dengan harganya, maka klik “lanjut”, jika tidak setuju, pilih “batal”.

2. Tahap kedua.

Selesai memilih jadwal penerbangan dan harga tiket pesawat Citilink yang diinginkan, selanjutnya kita akan diminta untuk mengisikan data atau informasi penumpang. Mulai dari nama lengkap, alamat tinggal, kota, negara, nomor HP dan alamat email. Pastikan jika kita mengisi data diri yang sesuai dengan KTP atau identitas diri lainnya. Setelah itu, klik “lanjut” jika sudah selesai mengisi data diri penumpang.

3. Tahap ketiga.

Setelah mengisi form data diri atau identitas penumpang, kita akan diberi notifikasi apakah ingin memakai jasa asuransi atau tidak. Jika iya, maka beri tanda centang pada bagian bawah kolom. Ada baiknya kita membaca terlebih dahulu keterangan, syarat dan ketentuan yang ada. Kalau akunsih hiasanya menghilangkan biaya asuransi biar lebih hemat. Hehe.

Jika sudah selesai, maka kita bisa klik “lanjutkan”. Pada tahap ini, kita juga akan diberi kesempatan untuk memilih tempat duduk yang kita inginkan, namun tentu saja akan dikenakan tambahan harga/biaya. Aku biasanya nggak booking seat sih. Lebih suka datang 2 jam sebelum fligjt, check in di counter bandara dan minta seat dekat jendela ke petugas. Itu jugq kalau masih ada. Hehe. Jadi, pads tahamp pilih seat di web, lewati saja, lalu klik “lanjutkan”.

4. Tahap keempat

Tahap terakhir pembelian tiket pesawat Citilink secara online adalah dengan memilih metode pembayaran yang akan kita gunakan. Metode pembayaran yang disediakan mulai dari dengan kartu debit, ATM, kartu kredit, voucher dan lain sebagainya.

Pilihlah salah satu dari sekian banyak opsi yang ada. Jangan lupa untuk mengklik “saya telah membaca, memahami dan setuju syarat dan kondisi” kemudian “lanjutkan”. Setelah melakukan pembayaran, maka e-ticket pesawat Citilink akan dikirimkan ke alamat email kita, download file kemudian cetak untuk keperluan penukaran atau check in keberangkatan.

Eh tapi kalau aku ngga suka ngeprint sekarang mah. Biar go green juga gitu. (Alasan, padahal ngga punya printer. Haha).

Iya, ngga perlu ngeprit tiket koo sekarang. Saat check in di bandara, tinggal tunjukin aja e-ticket di layar hape. Gampang. Kalo kamu gimana?

12 thoughts on “4 Tahap Pembelian Tiket Online

  1. Oooo pilih seat ada extra cost to? dulu pernah sih tapi ga ada tambahan biaya, Noe.
    Emang paling enak booking online gini deh, semuanya jadi fixed ya sejak awal persiapan mau bepergian. Tiket udah di tangan tuh rasanya kayak udah separuh beres urusan perjalanan 😉

  2. Kalau aku tim nge-print (numpang di kantor) buat back up karena pernah pengalaman tahun lalu pas mau berangkat, HP kerendem air dan mati total, untung tiketnya udah diprint jadi aman pas check in.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.