Technology

4 Alasan Menginginkan Kamera Mirrorless

keunggulan kamera mirrorless

“Noe, beban idup lo udah berat. Jangan ditambah berat lagi dengan bawa-bawa kamera segede gaban deh!”

Kalimat itu bener-bener nusuk deh. Dia ngga tau sih, seberapa pinginnya aku punya kamera mirrorless tapi belum kebeli. Haha. Sempet terfikir mau jual aja kamera SLR trus tinggal nambah dikit untuk beli kamera mirrorless idaman, tapi hati ini rasanya ngga tega. Sebab aku memang ngga suka jual-jual barang. Kecuali kepepet. Haha.

Anyway, kalian pasti udah faham lah ya sama jenis-jenis kamera. Termasuk kamera mirrorless yang hitz dan jadi pilihan favorite para traveler. Bentuknya kompak, ringan, dan hasil fotonya sama bagusnya dengan SLR.

Kamera mirrorless adalah jenis kamera yang tidak menggunakan cermin pentaprisma di dalamnya. Alhasil, bentuk dan ukuran kamera jenis ini lebih kecil dan ramping. Inilah salah satu kelebihan dari kamera mirrorless yang membuatnya disukai atau dipilih oleh para penggemar fotografi saat ini.

Berikut ini beberapa kelebihan kamera mirrorless yang membuatku tertarik dan kepingin beli.

Fitur Live Preview

Kamera mirrorless memang tidak menggunakan fitur view finder seperti yang dimiliki oleh kamera DSLR. Tetapi, kamera jenis ini justru menggunakan layar LCD untuk melakukan live preview. Sehingga, gambar akhir yang dihasilkan kamera akan sama persis dengan apa yang kita lihat pada layar LCD atau live preview. Kamera mirrorless juga memungkinkan kita untuk mengubah ISO, white balance, dan fitur lainnya bahkan saat melakukan live preview. Kesimpulannya, kita bisa tahu hasil akhir gambar yang tertangkap baik sebelum maupun sesudah melakukan perubahan pada fitur atau pengaturan lainnya.

Harga Lebih Murah

Desain kamera mirrorless tidak sebesar dan sekompleks kamera DSLR, sehingga banyak tipe kamera mirrorless yang harganya lebih murah divanding kamera DSLR. Meski pun banyak yang bilang, hasil jepretannya tidak dapat diadu karena memiliki kemampuan pada kelas yang berbeda. Tetapi, banyak juga jenis kamera mirrorless yang mengarah ke pro dan harganya ngga kalah mahal. Jadi kalau dari sisi harga, sebenarnya ngga beda jauh ya dari kamera DSLR. Tetapi, kalau mau mencari yang harga ekonomis, ada beberapa daftar kamera mirrorless murah dengan spesifikasi mumpuni yang dijual. Salah satu yang direkomendasikan oleh Teguh Sudarisman, founder TGIF Magz, bisa coba pilih Olympus.

Lebih Awet

Kabarnya, kamera mirrorless bisa lebih awet karena tidak menggunakan cermin di dalamnya, sehingga tidak banyak ruang udara di dalam kamera yang memungkinkan debu atau gangguan lain bersarang di dalam body kamera. Udara dan debu yang bersarang itulah yang mengakibatkan kamera bisa cepat rusak. Pada dasarnya kamera mirrorless lebih padat dan berisi sehingga lebih praktis dan tidak mudah mengalami kerusakan. Dan tentu saja hal ini akan menghemat biaya perawatan atau perbaikan.

Bentuk Lebih Ringkas

Keunggulan kamer mirrorless yang nomor satu memang ada pada bentuknya yang mungil, simpel dan ringan. Berbeda dengan kamera DSLR yang besar dan berat. Ngga heran deh kalau kamera mirrorless jadi idola saat ini, terutama di kalangan traveler atau backpacker yang lebih suka membawa semua barang dalam satu ransel. Beberapa jenis kamera mirrorless malah ada yang sangat mungil, semungil kamera saku. Modelnya pun variatif, ada yang modern, ada juga yang vintage.

Harga kamera mirrorless paling murah berkisar antara 5 jutaan. Untuk harga yang termahal tentu dapat mencapai puluhan juta rupiah. Dan pastinya, kualitas kamera mirrorless sebanding dengan harga yang ditawarkan, mengingat fitur kamera jenis mirrorless ini akan terus meningkat.

Untuk tempat terbaik membeli kamera mirrorless, salah satu toko onlime yang recomended adalah di Focus Nusantara. Lokasi tokonya ada di Cideng, ngga jauh dari Rumah Sakit Umum Jakarta. Pembelian secara online juga bisa melalui websitenya. Menurut cerita teman, barang di sana dijamin asli dan bergaransi. Cerita pengalamanku beli kamera di Focus Nusantara bisa dibaca kuga di blog ini ya.

8 thoughts on “4 Alasan Menginginkan Kamera Mirrorless

  1. Iyaaa, bentuknya enak buat dibawa kemana-mana dan hasilnya TOP BGT. Waktu awal pertama kali pakai punya kakak, saya sempet norak tingkat dewa, kok ga bisa gini yaa…eh ternyata, oh ternyata. Tapi, sekarang ga norak lagi kok 😀

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.