Sulawesi Selatan, Traveling

3 Pantai perawan di Bulukumba

Beberapa bulan sudah berlalu sejak Honeymoon ala Backpacker di Sulawesi Selatan bulan September 2013 lalu. Rasanya sayang banget kalo nggak share bagian ini, 3 pantai cantik dan masih perawan di Bulukumba. Iya, di Bulukumba itu nggak cuma Tanjung Bira yang pantainya memukau itu. Nggak percaya? Coba yuk ditengok… 😉


Pantai Bara 1

Tersebutlah Pantai Bara yang mempesona namun tersembunyi. Jaraknya sekitar 2 kilometer saja dari Pantai Tanjung Bira yang terkenal itu. Pantainya yang sunyi karena letaknya yang tersembunyi, menjadikan pantai ini seolah pantai milik pribadi saat kita berada disana.

Pantai Bara memiliki garis pantai yang panjang dan landai. Pasirnya berwarna putih bersih dan sangat lembut, saat berjalan di atasnya, seolah kita sedang menjejak tepung terigu. Pantai ini semakin menakjubkan dengan adanya gradasi 3 warna yang berbeda. Putihnya pasir bertaut dengan bibir pantai yang berwarna warna biru muda, lalu diikuti dengan warna biru yang semakin pekat ke tengah lautan. Selain itu, di sisi yang lain terdapat batu-batu karang besar dengan bentuknya yang unik. Saat matahari menyengat, kita bisa duduk berteduh di bawah cekungannya.

Tersedia penginapan jika ingin bermalam di area pantai Bara. Satu-satunya penginapan yang ada yaitu Bara Beach Bungalow. Penginapan ini didirikan di atas karang dan menghadap pantai. Tersedia 6 kamar berbentuk bungalow yang didesain dari bambu dan terlihat eksotis. Penginapan dengan fasilitas berbontang 3 ini harganya berkisar antara Rp900.000,- s.d. Rp1.500.000,-

pantai bara 2

Bara Beach Bungalow

How to get there. Pantai Bara bisa dicapai dengan berjalan kaki menyusuri garis Pantai Bira ke arah barat. Akan tetapi, cara ini hanya bisa dilakukan jika air laut sedang surut. Alternatif lain adalah melalui hutan kecil dengan jalanan sempit dab berbatu. Begitu memasuki kawasan wisata pantai Bira, berbeloklah ke kanan pada jalan yang lebarnya hanya sekitar 2,5 meter. Jalan ini diapit hutan di sisi kanan dan kiri.

Jalan alternatif ini berlokasi lebih tinggi dari bibir pantai sehingga untuk menjangkau pantai perlu menuruni tebing karang. Untungnya, keberadaan Bara Beach Bungalaow dapat memudahkan kita untuk menuju Pantai Bara. Jadi, sebelum sampai ke pantai pantai, terlebih dahulu kita akan memasuki area penginapan ini, kemudian menuruni anak tangga yang sudah disediakan oleh Bara Beach Bungalow untuk menuju pantai.

PANTAI KALUKU

sunrise pantai kaluku

Jika ingin menyaksikan detik-detik bergantinya hari menjelang pagi, datang saja ke Pantai Kaluku. Pantai Kaluku menjadi spot terbaik untuk hunting sunrise di Bulukumba, karena pantai ini menghadap tepat ke arah timur. Bayangkan, betapa menakjubkan menyaksikan bola emas yang perlahan menyembul dan merangkak naik dari balik horizon. Lengan-lengan cahanyanya yang menyentuh dan mewarnai langit, serta jatuh dan berkilauan di permukaan air laut. Wow banget, kan?

Selain itu, di sini kita juga bisa melihat proses pembuatan kapal phinisi yang menjadi ciri khas Bulukumba. Jadi, jangan khawatir jika tak punya banyak waktu untuk berwisata di Bulukumba, dan tak sempat mampir di Tana Beru sebagai pusat pembuatan perahu Phinisi. Karena di pantai ini, kita juga bisa melihat deretan perahu-perahu dari kayu yang baru setengah jadi, mulai dari perahu-perahu boat kecil, sampai perahu phinisi berukuran besar dengan harga milyaran rupiah.

pantai kaluku _ phinisi

Di pantai ini terdapat bungalow berbentuk rumah-rumah panggung yang dapat kita sewa untuk menginap. Kisaran harganya antara 400 sampai 500 ribu rupiah untuk diisi maksimal 2 orang saja. Rumah panggung yang terbuat dari kayu ini berdiri di atara barisan pohon-pohon nyiur yang membuat suasana pantai menjadi teduh.

How to get there. Pantai Kaluku letaknya dekat dengan Pelabuhan Bira. Dari Pantai Tanjung Bira, jaraknya sekitar 2 kilometer ke arah timur laut.

PANTAI LEMO-LEMO

Pantai Lemo-lemo 1

Karakteristik pantai Lemo-lemo ini mirip dengan Pantai Tanjung Bira. Ada dataran karang yang berbatasan langsung dengan laut, dan di bagian lain terdapat bibir pantai yang berpasir. Bedanya pasir di pantai Lemo-lemo tidak seputih dan selembut di Pantai Tanjung Bira, atau di Pantai Bara.

Pantai Lemo-Lemo menyuguhkan suasana yang sejuk. Keberadaan hutan dengan tumbuhan heterogen yang berada di sekitar pantai, membuat suasana di Pantai Lemo-Lemo terasa sejuk meski sinar matahari sedang menyengat. Berbeda dengan Pantai Pasir Putih Tanjung Bira yang panas dan tidak ada pepohonan.

Tak jauh dari pantai, kita juga bisa menemukan sebuah mata air tawar dan goa yang biasa disebut Goa Lemo-lemo. Goa dan sumber mata air tawar ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki karena jaraknya tidak berjauhan. Yang lebih asiknya lagi, pantai ini belum tersentuh investor komersil, sehingga kita bisa menikmati pantai ini secara gratis. Asiikk…!

Pantai Lemo-lemo 2

How to get there. Pantai Lemo-lemo berada di Desa Tana Lemo, jarak sekitar 300 meter saja dari Pantai Tanjung Bira. Sedangkan dari arah Bulukumba sekitar 27 kilometer ke arah selatanm, sejalur dengan jalan menuju Tanjung Bira.

Untuk memasuki kawasan Pantai Lemo-lemo, kita harus melewati jalan di tengah hutan yang dijadikan cagar alam dimana terdapat beberapa hewan yang hidup dan dilindungi disana, seperti gerombolan monyet yang mungkin saja akan menyapa saat kita melewatinya.

Tips; Mungkin kita membutuhkan guide lokal, karena tidak banyak penunjuk jalan yang akan memandu kita untuk mencapai pantai-pantai tersebut. Atau, jangan malu bertanya supaya nggak kesasar. Waktu aku kesana sih, aku ditemani sama Om Ridho, backpacker asli Makassar, so nggak kesasar deh. 😉

14 thoughts on “3 Pantai perawan di Bulukumba

  1. Ada yang tau penginapan di pantai Bara ? Mohon kontak nya ,
    Bisa di sms / line 0821 8778 1250
    Terima kasih mohon bantuan nya

    1. Kalau di Pantai Bara ada itu Bara Beach Bungalow, kak. Kontaknya ada saya tulis juga di buku Backpacking Makassar dan sekitarnya. Beli ya, hehe

  2. TerimaKasih sudah bercerita tentang tanjung bira, hehehe… senang sekali rasanya teman-teman sudah berkunjung ke tempat kami, saat ini di kawasan tanjung bira ada beberapa pantai yang juga bagus dan indah untuk di kunjungi, selain pantai yang disebutkan diatas, ada pantai Panrang Luhu (tempat pembuatan perahu phinisi terbesar), pantai kasuso, pantai Mandala Ria, Pantai Pangalaiya, Apparalang dan banyak lagi yang lainnya… letaknya ada di Sisi Barat dan timur tanjung bira,,,oh..iya kalau ke tanjung bira kita harus memilih waktu yang tepat karena di Tanjung bira juga punya musim yang bagus untuk dikunjungi,,paling bagus saat April sd Agustus,,,,,,mudah2an dilain waktu mbak Nurul dan teman-teman bisa mengunjungi lagi tanjung bira…. 🙂 saya akan senang hati akan membantu menunjukkan jalan ke pantai-pantai yang masih belum banyak di kunjungi di Tanjung Bira oleh traveler

    Salam
    Ayit
    (Bugis Makassar Trip)

  3. Memang hanya orang lokal yang tahu pantai panti neymbil. orang luar kota, destinasi pasti pantai yang sudah terkenal. padahal yang tersembunyi lebih asyik dan alami.

      1. Appak ralang eksotis banget..pertama liat dgn mata kepala sendiri,air mata langsung netes:'(..its so amazing..

          1. Boleh, line aku di @nurullnoe ya. Nanti kalau ads mesej otomatis, dibalas ya supaya kita bisa chat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.