Red Carpet AirAsia

3 Layanan AirAsia Untuk Traveling Aman & Menyenangkan

Merencanakan Traveling“Mba Noe, saya nyiapin uang sekian dollar dan sekian ringgit untuk trip bulan depan di Singapura & Kuala Lumpur. Harusnya sih kalau lihat pengalaman mba Noe yang ditulis di blog, cukup lah untuk saya dan 2 anak. Tapi ada yang saya kuatirkan, nih! Takut ketinggalan pesawat pas pulang, atau pesawatnya delay, saya nggak ada tabungan lagi kalau harus stay di negara orang karena pesawat delay.”

Begitu kira-kira curhatan panjang dan lebar dari seorang teman yang sudah aku ringkas jadi satu paragraph pendek. Ceritanya temanku ini sedang deg-degan karena bulan depan bakal ngetrip ke negara tetangga untuk pertama kalinya.

Ehem! Dari curhatan itu aku jadi teringat layanan yang ditawarkan AirAsia untuk keamanan dan kenyamanan selama traveling. Hayo, sudah pada tau belum nih soal Red Carpet dan Tune Insure? Simak ulasanku berikut ini, ya…

E-Boarding Pass

E-Bording Pass adalah layanan paling baru yang diberikan oleh AirAsia, yang memungkinkan kita untuk self check-in dan mendapat e-Boarding Pass dalam bentuk digital di smartphone kita. Jadi sudah nggak perlu tuh check-in manual di counter atau ngeprint boarding pass di mesin check-in yang ada di Bandara. Jaman digital gini, paper less lah ya, sekalian mendukung program go green.

Jadi bagaimana caranya mendapatkan e-Boarding Pass?

  • Download dulu aplikasi mobile AirAsia di smartphone.
  • Klik menu Check-in dan isi semua data yang diminta. Tunggu sampai proses check-in selesai.
  • Klik menu “Manage My Booking”, lalu klik “Barcode”, nanti akan muncul barcode yang akan terus berkedap kedip merah-hitam.
  • Tunjukkan barcode ke petugas sebelum masuk ruang tunggu untuk di-scan. Setelah discan, boarding pass-nya nggak akan berkedip lagi.

AirAsia E-boarding Pass

Saat ini, e-Boarding Pass baru bisa digunakan di Bandara Soeta, dan internasional Luar Negeri. Semoga ke depannya e-Boarding Pass segera bisa digunakan di bandara-bandara di seluruh Indonesia yang ada rute AirAsia yaa.

Oh ya, sayangnya kemarin ngga bisa nyobain layanan e-Boarding Pass ini. Karena ibu-ibu yang sedang hamil, harus check-in manual di counter, supaya petugas tau kondisi si ibu yang sedang hamil. Jadi kalau ada apa-apa selama penerbangan, si ibu bisa mendapat prioritas. Ngga apa lah belom bisa nyobain layanan e-Boarding Pass, kan masih bisa ngerasain layanan Red Carpetnya.

Red Carpet

Layanan Red Carpet ini cocok banget buat yang paling ngga suka antri. Dengan membeli layanan Red Carpet, pelanggan akan mendapat perlakuan VIP, mulai dari check-in di bandara keberangkatan, sampai saat mendarat di tujuan. Untuk lebih jelasnya, coba simak ilustrasi gambar dibawah ini.

AirAsia Red Carpet

Apa saja yang akan didapatkan jika membeli layanan Red Carpet?

  • Jalur Khusus di Counter Check-in.
  • Koper atau barang yang di-drop ke bagasi akan diberi label prioritas, sehingga akan didahulukan saat tiba di bandara tujuan
  • Fasilitas Lounge khusus sebelum boarding
  • Tidak perlu antri di konter imigrasi untuk mendapat stempel keluar Indonesia di paspor (jika hendak ke Luar Negeri).
  • Mendapat prioritas (didahulukan) saat boarding, sehingga tidak perlu antri atau berdesakan dengan penumpang lain.

Ada pertanyaan nih, kenapa ngga harus antri kalau beli layanan Red Carpet? Jawabannya karena layanan Red Carpet ini jumlahnya dibatasi. Hanya untuk 10 orag penumpang dalam satu pesawat yang hendak berangkat.

Red Carpet AirAsia

Soal harga memang agak mahal sih. Untuk keberangkatan dari Bandara Soeta saja harganya mulai dari Rp108.000 s.d. Rp381.000. Harga ini tergantung pada waktu pembelian dan rute penerbangan, apakah domestik atau internasional.

Berikut ini info tarif Red Carpet untuk keberangkatan dari Jakarta. Tarif lainnya bisa diintip di link ini.

Tarif Red Carpet AirAsia

Aku merasakan layanan Red Carpet ini, kemarin ketika hendak terbang ke Bangkok bersama para blogger AirAsia Indonesia untuk mengikuti acara 2nd Anniversary AirAsia Bloggers’ Community. Eh, asik banget ternyata. Bebas ngantri! Ada crew AirAsia yang mengumpulkan paspor kami untuk dimintakan stempel imigrasi.

Tune Insure

Tune Insure adalah produk asuransi yang ditawarkan oleh AirAsia yang menyediakan perlindungan secara menyeluruh kepada pelanggannya, baik sebelum perjalanan dimulai, selama perjalanan, atau sesudahnya. Keterangan bisa dibaca di gambar berikut ini, ya… Atau bisa dibaca selengkapnya di web www.airasiainsure.com

Tune Insure AirAsia Travel Protection

Soal harga, Tune Insure ngga mahal kok! Kisarannya mulai dari Rp20.000 s.d. Rp120.000. Tergantung pada jenis perjalanannya, one way atau pergi pulang, domestic atau internasional, dll. Info tarif Tune Insure bisa dilihat di tabel di bawah ini, ya…

Tarif Tune Insure AirAsia

Kembali lagi ke curhatan teman yang lagi was-was menunggu hari H karena untuk pertama kalinya akan traveling ke Luar Negeri. Dulu, aku juga merasakan hal yang sama lho. Bayangin aja, budget pas-pasan, traveling selama 5 hari di negeri orang, ngajakin dua anak yang salah satunya masih balita lagi.

Nah, untuk mengurangi rasa was-was itu, aku memutuskan untuk membeli Asuransi Perjalanan Pulang Balik dari Tune Insure. Ya siapa sih yang mau kena musibah, apalagi hanya supaya mendapat penggantian asuransi. Tapi setidaknya, kalau musibah terjadi selama sedang traveling, ada yang bisa meringankan beban. Ya, kan?

Sertifikat Tune Insure

Begitu juga kemarin waktu ke Bangkok, meskipun aku ngaku kuat ikut acara AABC dalam keadaan hamil, meskipun dokter menyatakan aku sehat dan bisa melakukan perjalanan ke Bangkok dengan pesawat, tapi yang namanya rasa takut mah tetap aja ada. Takut kenapa-napa di jalan, takut ini, takut itu. Untungnya pihak AirAsia Indonesia memberikan fasilitas Tune Insure juga kepada semua bloggers yang mengikuti kegiatan AABC. Jadi tenang deh.

Kamu juga, ya… Manfaatkan ketiga layanan AirAsia di atas, supaya perjalananmu menyenangkan.

14 thoughts on “3 Layanan AirAsia Untuk Traveling Aman & Menyenangkan”

  1. Bagaimana ya klu kita sudah web check in tapi ternyata kita baru tau klu kita hamil, nah itu gimna y mbk ??sementara kan penumpang hamil tdak boleh web check in
    Saya web check in 5 hari yg lalu tapi baru hari ini saya tau klu saya hamil..

  2. halo kak, tanya dong kalo bayar tune insure kan kalo cekin web byrnya pakai kartu kredit, kalo mau cash dmn atau bs transfer gtu?? makasih

  3. my first traveling nanti juga pakai AA, dan aku pun deg-degan mbakk ^__^ *noraknya aku* aku juga deg-degan takut ngga bisa gunain e-tiket yang udah aku print.

  4. Pas jalan sama Mbak Anazkia kemarin sempet bingung, karena sudah di check in kan, dan ada boarding passnya tapi nggak bisa buat ditunjukin doang. Harus cetak lagi ke counter. Tahunya e-boarding pass dari app-nya yang bisa. Buru-buru install deh. Nanti malem mau naik Air Asia juga hihihi…

Leave a Reply