Tips and Tutorial

3 Kegiatan Seru Libur Weekend di Rumah

cooking with kids

Semenjak punya bayi aku memang jarang mbolang. Kadang, rasa kangen untuk jalan-jalan terasa begitu menyiksa. Terdengar lebay memang. Tapi yang namanya orang doyan jalan, trus tiba-tiba harus di rumah aja kan gatel juga. Apa lagi kalau buka socmed, trus liat iklan tiket pesawat promo lewat. Pingin gigit sandal rasanya. Haha.

Kendala sebenarnya bukan karena adanya bayi di antara kita. Karena aku adalah tipe ibu-ibu nekat yang bisa bawa bayi kemana aja, termasuk traveling. Kalau sering baca blog ini pasti udah pernah baca juga lah ya ceritaku waktu ajak baby Ranu hiking saat umurnya baru 2 bulan.

Tetapi hidup ini kan butuh keseimbangan. Hidup bukan cuma soal traveling. Ada banyak yang harus dipikirkan juga. Yang cuti kerja terbatas, sekolah Mamas Kakak, sampai kebutuhan dapur. Jadi memang sekarang harus mengurangi intensitas jalan-jalan. Kalau sebelumnya bisa hampir setiap minggu, sekarang sebulan sekali aja lah. Dan ngga harus pergi jauh, staycation di hotel budget pun boleh lah. Hehe.

Lalu, apa yang bisa dilakukan kalau weekend di rumah aja? Ini ada tiga aktifitas seru yang biasa jadi pelarianku kalau lagi ngga traveling.

1. Cooking With Kids

Kegiatan di dapur adalah hal yang ribet buatku. Tetapi beda rasanya kalau melibatkan anak-anak. Memasak atau membuat kue bersama anak-anak ternyata menyenangkan. Ada saja hal lucu yang bisa membuatku tertawa. Walau pun dapur jadi lebih kotor dan berantakan. Tetapi ada nilai kebersamaan yang sangat terasa. Baik saat bantu meembantu dalam menyelesaikan step by step dalam memasak, maupun saat bercanda tertawa.

Puncak bahagianya tentu saat masakan atau kuenya sudah matang. Bisa disantap bersama sambil bersantai deh. Ada rasa puas dan bangga. Sebab, berhasil membuat satu resep juga merupakan sebuah pencapaian kan?

2. Nonton Film Favorit

Film favorit Mamas & Kakak untuk diputar di rumah adalah Kungfu Panda atau Finding Nemo. Walau udah ditonton berkali-kali, tetap ngga ada bosan-bosannya. Ngga cuma anak-anak, aku juga ikut nonton. Ada kenikmatan tersendiri saat menemani anak-anak nonton. Aku bisa sekaligus membimbing mereka memahami pesan moral yang ada di film yang kami tonton.

3. Main Game

Aku ngga melarang anak-anak main game di gadget. Tetapi juga diusahakan agar mereka jangan sampai kecanduan. Karena bagaimana pun, mereka lahir dan tumbuh di jaman serba digital. Melarang mereka di rumah pun percuma. Bisa saja dia curi-curi waktu main game di rumah temannya, atau di warnet. Tanpa control? Bahaya!

Biasanya kami main game hanya di satu gadget secara bergatian. Semua ikut main. Aku, Ojrahar, Mamas, juga Kakak. Game yang saat ini sedang kami gandrungi bersama adalah Candy Crus Soda Saga. Jadi masing-masing kami bermain satu ronde, kalau sudah selesai, gadget akan diberikan kepada next player. Ngga peduli pemain sebelumnya berhasil atau tidak menyelesaikan satu level. Pokoknya harus gentian. Hehe.

Selain game di gadget, aku juga membeli beberapa mainan lain yang bisa dijadikan alternative permainan bersama. Saat ini yang sedang disukai MasKa adalah monopoli dan ular tangga. Permainan ini bisa sekaligus mencegah anak-anak kecanduan gadget kan?

Jadi liburan di rumah saja ngga selalu membosankan. Banyak kegiatan seru yang bisa dinikmati bersama keluarga. Bisa sambil menyusun rencana, atau tabungan cukup untuk family trip lagi. Karena yang dibutuhkan bukan cuma tiket pesawat murah seperti yang ditawarkan tiket2.com, tetapi juga akomodasi dan printilannya. Haha.

23 thoughts on “3 Kegiatan Seru Libur Weekend di Rumah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.