Kuliner

3 Jenis Minuman Segar Yang Mudah Dibuat

Hallo, kawan! Aku lagi baper nih. Baper karena lagi kangen pantai. Eh lah, pas buka instagram kok nongol foto infused water dengan latar belakang pantai. Adeuh! Mana cuaca lagi panas pun. Dan kaliatan gelas kaca berisi infused water itu berembun gitu. Glek! Seger banget kayaknya.

By the way, kalau cuaca sedang panas seperti ini, memang minuman yang paling seger ya minuman dingin. Entah itu es kelapa, atau jus buah.

apple-926456_1280

Seperti yang kita tau ya, jus merupakan salah satu jenis minuman segar yang sangat populer di Indonesia. Jus dapat dibuat dari sayur maupun buah. Akan tetapi yang jauh lebih populer adalah jus yang dibuat dari buah-buahan segar.

Selain menyegarkan, jus juga merupakan salah minuman yang sehat. Mengapa? Karena jus kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Apalagi jika jus itu dibuat dari buah atau sayur yang berkualitas seperti mangga, nanas, pisang, wortel, dan berbagai buah atau sayuran lainnya. Untuk menghasilkan sensasi rasa yang berbeda, kita bisa membuat jus kombinasi dari beberapa jenis buah atau sayur, yoghurt dan es batu.

Cara membuatnya juga gampaaang! Tinggal masukkan semua bahan ke dalam blender, lalu blend hingga halus. Tuangkan ke dalam gelas, tambah es batu, jadi deh tuh segelas jus buah segar dan sehat.

Selain jus, minuman menyegarkan lainnya adalah infused water. Tau dong ya sama jenis minuman yang lagi ngetrend ini?

mason-jar-691342_1280

Ngomong-ngomong, infused water dipercaya memiliki khasiat yang bisa menyehatkan tubuh. Eum, masa sih? Kalau setauku malah, infused water adalah sebuah solusi untuk orang yang tidak atau kurang menyukai minum air putih. Ya, memang ada orang-orang yang lebih suka minuman manis. Padahal kan ya, kebanyakan gula juga bisa membahayakan kesehatan. Pahal kan ya, air putih itu menyehatkan. Ya tapi kalo orang udah ngga suka, ya susah! Mama dari itu ditemukanlah infused water.

Dengan meminum infused water, orang jadi terkesan tidak sedang minum air putih. Karena infused water memiliki rasa yang diperoleh dari buah-buahan yang direndam dalam air putih selama beberapa jam sebelum diminum.

Cara pembuatannya juga gampaaang! Pilih aja buah apa yang disuka, potong-potong, masukkan ke dalam botol, lalu isi botol tersebut dengan air minum. Tutup rapat botolnya, lalu diamkan selama beberapa jam sebelum diminum. Kalau mau lebih seger, boleh tambah es batu saat akan diminum. Beres kan?

Beberapa jenis buah dan sayur yang biasa digunakan untuk membuat infused water adalah jeruk, lemon, strawberry, melon, daun mint, timun, atau buah lain sesuai selera.

mug-219844_1280

Terakhir, minuman segar lain yang gampaaang cara pembuatannya ialah es teh. Kalau bosan dengan teh yang seperti biasanya, bisa coba tambahkan buah ke dalam teh. Yea, sebagai penyuka teh, aku suka juga mengeksplorasi rasa teh. Kalau lagi malas, aku biasanya mengandalkan teh celup yang punya banyak macam rasa. Paling suka teh peach. Walaupun sebenarnya membuat teh rasa buah itu ngga sulit. Tinggal campurkan aja jus buah ke dalam teh, jadi deh teh rasa buah asli.

Well, karena aku ngga terlalu suka masak, jadi ngga banyak resep yang bisa kubagi dalam tulisan. Kalau mau cari resel lain yang lebih terpercaya, boleh browsing aja di google. Atau bisa langsung cus nanokarakoy.com, yang merupakan website berisi resep dan artikel tentang makanan dan minuman Indonesia.

9 thoughts on “3 Jenis Minuman Segar Yang Mudah Dibuat

  1. aku lagi suka bikin infused water karena melihat ibuku minum air lemon. Segar kecut gitu deh. Trus campurkan airnya ke es teh, jadi deh ice lemon tea homemade.

  2. memang seger , lihat fotonya. Aku lebih suka bikin jus . Infused water tadinay suka bikin tapi suamiku gak suka. jadi pilih jus yang sama2 suka

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.